PENGEMBANGAN MODEL KEBIJAKAN FISKAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAHTANGGA

Maipita, Indra and Hermawan, Wawan and Nugrahadi, Eko Wahyu and Fitrawaty (2013) PENGEMBANGAN MODEL KEBIJAKAN FISKAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAHTANGGA. Project Report. FE Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi tidak dengan sendirinya sejalan dengan perluasan kesempatan kerja dan pengurangan tingkat kemiskinan. Untuk membuat pembangunan pro-rakyat, yang berarti pertumbuhan tinggi sejalan dengan perluasan kesempatan kerja dan pengurangan kemiskinan, diperlukan upaya langsung baik dari pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat luas. Satu dari berbagai usaha dan tugas pemerintah adalah membuat kebijakan yang pro growth, pro poor dan pro job. Agar kebijakan yang diambil lebih tepat dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik, maka perlu dilakukan simulasi sebelaum kebijakan dilaksanakan.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun model simulasi kebijakan fiskal, baik ekspansif maupun kontraktif yang dapat disimulasikan langsung dan dilihat dampaknya terhadap kinerja ekonomi makro, serta dampaknya terhadap tingkat pendapatan rumahtangga.
Model yang dibangun dalam penelitian ini adalah model Computable General Equilibrium (CGE) yang dikembangkan dari model AGEFIS. Tidak seperti pada umumnya, model yang
akan dibangun murni berbasis data SAM (Fully-SAM Based CGE Model).
Untuk menjalankan simulasi pada model ini, diperlukan perangkat lunak atau aplikasi berupa Gempack suatu aplikasi yang dikembangkan oleh Monash University khusus untuk pemodelan CGE.
Model yang dibangun menggunakan 10 kelompok rumahtangga sesuai dengan SAM 2008, 24 sektor produksi, sehingga data dasarnya (SAM yang digunakan dalam model) menjadi 57x57 sektor. Untuk menguji model, dilakukan simulasi kebijakan dengan tiga skenario, yaitu simulasi pertama dengan cara menaikkan Upah Minimum Regional (UMR) sebesar kenaikan rata-rata UMR riil tah1Jll 2012 (untuk upah tahun 2013). Simulasi kedua dilakukan dengan menaikan UMR sebesar rata-rata kenaikan riil UMR tahun 2013 (untuk upah tahun 2014). Simulasi ketiga dilakukan dengan menaikkan investasi sektoral sesuai dengan kenaikan investasi (y-o-y) tahun 2012-2013. Hasil simulasi menup.jukkan bahwa model yang dibangun baik dan konsisten.
Walaupun tidak bisa untuk melakukan peramalan secara empiris, hasil dari penggunaan model ini sangat berguna dalam memberikan analisis skenario kebijakan, sehingga kita bisa merumuskan berbagai dampak apabila dilakukan
penerapan kebijakan seperti kebijakan UMR dan Investasi Sektoral.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Kebijakan fiskal; Pendapatan; Kemiskinan; Pertumbuhan ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2005 Income and expenditure. Budget
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2351 Inflation and taxation
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Sep 2016 10:21
Last Modified: 20 Sep 2016 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19566

Actions (login required)

View Item
View Item