PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BARUMUN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Harahap, Ummu Atikah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BARUMUN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2123311087 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2123311087 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2123311087 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2123311087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2123311087 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2123311087 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2123311087 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2123311087 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2123311087 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2123311087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2123311087 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2123311087 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2123311087 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2123311087 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2123311087 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2123311087 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2123311087 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2123311087 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2123311087 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2123311087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
terhadap kemampuan menulis paragraf persuasif oleh siswa kelas X SMA Negeri
1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun sebanyak 221 orang dan pengambilan
sampel dilakukan secara Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian
sebanyak 32 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes
menulis paragraf persuasif. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan
rata-rata 62,81, standar deviasi 10,30, dan standar error 1,85, serta lima kategori
nilai yakni kategori sangat baik 6,25%, kategori baik 6,25%, kategori cukup
37,5%, kategori kurang 31,25%, kategori sangat kurang 18,75%; sedangkan hasil
post-tes diperoleh rata-rata 78,12, standar deviasi 10,36, dan standar error 1,86,
dengan lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 53,12%, kategori baik
12,5%, kategori cukup 25%, kategori kurang 9,375%, kategori sangat kurang 0%.
Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi
yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar
5,84; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf
signifikansi 5% dengan df = N – 1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf
signifikan 5% = 2,04. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu
5.3>2.04, hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran inkuiri berpengaruh secara positif terhadap kemampuan menulis
paragraf persuasif oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun
Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 060
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Menulis; Paragraf Persuasif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:56
Last Modified: 14 Sep 2016 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19528

Actions (login required)

View Item
View Item