PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK MELALUI STRATEGI PETA KONSEP

Sriadhi (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK MELALUI STRATEGI PETA KONSEP. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13 (01). 01-07. ISSN 0854-7468

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (945kB) | Preview

Abstract

Studi ini ingin membuktikan apakah pembelajaran dengan strategi peta konsep lebih unggul dalam upaya meningkatkan kompetensi hasil belajar dalam mata kuliah Rangkaian Listrik. Penelitian dilakukan dengan studi kuasi eksperimen dan pembelajaran konvensional sebagai variabel kontrol. Analisis data menggunakan uji komparasi dua mean dengan Z-test (one tail test) pada taraf α = 5%. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran dengan strategi peta konsep terbukti lebih unggul daripada pembelajaran konvensional. Penelitian juga mampu mencapai indikator kinerja yaitu loncatan perolehan nilai A (sangat kompeten) dari 4,9% menjadi 12,5% dan indeks prestasi dari 2,46 menjadi 3,11, serta berhasil menurunkan persentase kegagalan mahasiswa dari 14,6% menjadi 3,1%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Peta konsep; Kompetensi; Hasil belajar; Rangkaian listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Sep 2016 05:16
Last Modified: 10 Sep 2016 05:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item
View Item