HUBUNGAN MINAT KEJURUAN DAN DISIPLIN BELAJARTERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGUASAI KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADAPESERTA DIDIK JURUSAN LISTRIK INSTALASI DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN TAHUNAJARAN 2013/2014.

Tanjung, AmasMuda (2014) HUBUNGAN MINAT KEJURUAN DAN DISIPLIN BELAJARTERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGUASAI KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADAPESERTA DIDIK JURUSAN LISTRIK INSTALASI DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN TAHUNAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 509331005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 509331005 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 509331005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 509331005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (848kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 509331005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 509331005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 509331005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 509331005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 509331005 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 509331005 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 509331005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 509331005 TABLES.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 509331005 ILLUSRTAION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 509331005 ILLUSRTAION.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 509331005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 509331005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 509331005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 509331005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 509331005 CHAPTER I .pdf]
Preview
Text
10. NIM. 509331005 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 509331005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 509331005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara“Hubungan Minat Kejuruan Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi BelajarMemguasai Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika Pada Peserta Didik Jurusan Listrikinstalasi Di SMK Swasta Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2013/2014” dan untukmengetahui tingkat pemahaman Minat Kejuruan Dan Disiplin Belajar TerhadapPrestasi Belajar Menguasai Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika Pada Peserta DidikMetode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yaitu bertujuan untukmemperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penulisan dilakukan.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Jurusan ListrikInstalasi Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 34 orang.Sampel penelitian ini sebanyak 34 orang.Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan tes objektif, dimana datapenelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Kejuruan dan DisiplinBelajar, sedangkan untuk variabel Prestasi Belajar Menguasai Konsep Dasar ListrikDan Elektronika dijaring dengan menggunakan tes objektif berbentuk pilihanberganda.Validitas (kesahihan) instrument penelitian diuji dengan rumus KorelasiProduct Moment untuk angket, sedangkan untuk tes digunakanKorelasi Point Biserialpada taraf signifikansi 5%. Reliabilitas (keterandalan) instrument penelitian diujidengan rumus Koefisien Alpha yaitu sebesar 0,893 untuk angket Minat Kejuruan danuntuk Disiplin Belajar sebesar 0,955 sedangkan untuk tes diuji dengan rumus KR-20yaitu sebesar 0,826 untuk instrument Prestasi Belajar Menguasai Konsep DasarListrik Dan Elektronika(MKDLE).Untuk uji keberartian dan kelinieran Prestasi Belajar Menguasai Konsep DasarListrik Dan Elektronika(MKDLE) (Y) atas variabel Minat Kejuruan (X1)diperolehFhitung16,45 dengan Ftable pada taraf signifikansi 5% = 4,53 sehinggaFhitung>Ftabelyaitu16,45> 4,15. Sehingg aregresi dinyatakan berarti pada tarafsignifikansi 5%.Pada uji kelinieran diperoleh Fhitung -0,160 dengan Ftabel pada tarafsignifikansi 5% = 4,53 sehingga Fhitung<Ftabel yaitu -0,160< 4,53 sehingga hubunganX1dan Y adalah positif dan berarti. Untuk uji keberartian dan kelinieran hasil belajarMenguasai Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika(MKDLE) (Y) atas variabelDisiplin Belajar (X2) diperolehFhitung 14,989 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% =4,15 sehingga Fhitung>Ftabel yaitu 18,989> 4,15. Sehingga regresi dinyatakan berartipada taraf signifikansi 5%.Pada uji kelinieran diperoleh Fhitung-0,414 dengan Ftabelpada taraf signifikansi 5% = 2,77 sehingga Fhitung<Ftabel yaitu-0,414< 2,77 sehinggahubungan X2dan Y adalah positif dan berarti.Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pemahaman Minat Kejuruan (X1)yangbaik (54,385 %) dan Disiplin Belajar (X2) yang baik (57,895 %) sedangkan PrestasiBelajar Menguasai Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika(MKDLE) (Y) yang baik(59,469 %).iiHasil analisis Minat Kejuruan dan Disiplin Belajar dengan Prestasi BelajarMenguasai Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika(MKDLE) koefisien korelasi gandamenunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan berarti dari Koefisien korelasiganda R = 0,671 sedangkan determinasi R2 = 0,451Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif danberarti dari Minat Kejuruan Dan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar MenguasaiKonsep Dasar Listrik Dan Elektronika(MKDLE) Pada SiswaKelas X Jurusan ListrikInstalasi Di SMK Swasta Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.307 1 Tan h
Uncontrolled Keywords: Minat Kejuruan; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar; positif; Berarti;Pemahaman; Korelasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 28 Nov 2016 01:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19272

Actions (login required)

View Item
View Item