PENGEMBANGAN MULTEMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK HARAPAN STABAT T.A. 2013/2014

Setiawan, Beny (2013) PENGEMBANGAN MULTEMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK HARAPAN STABAT T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 508121021 COVER.pdf]
Preview
Text
508121021 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 508121021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
508121021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 508121021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
508121021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 508121021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
508121021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 508121021 DAFTAR IS1.pdf]
Preview
Text
508121021 DAFTAR IS1.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 508121021 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
508121021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 508121021 BAB I.pdf]
Preview
Text
508121021 BAB I.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of 508121021 BAB V.pdf]
Preview
Text
508121021 BAB V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 508121021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
508121021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pelajaran individual, (2) untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada Mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Diesel.Jenis penelitian ini adalahpengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Brod and Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan yakni: studi literatur, perencanaan atau disain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subyek uji coba tersiri dari dua ahli materi sistem bahan bakar diesel, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran. Tiga siswa untuk uji coba perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 32 siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan (1) uji ahli materi sistem bahan bakar diesel pada kualitas sangat baik (93,83%), (2) uji ahli diesain pembelajaran pada kualifikasi sangat baik (88,55%),(3) uji coba ahli media pembelajaran pada kualifikasi sangat baik (94,10%), (4)uji coba perorangan pada kualifikasi sangat baik (91.43%),(5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (95,87%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97.91%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 629.046 071 9 Set p
Uncontrolled Keywords: Multimedia; Interaktif; Bahan Bakar; Diesel
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 02 Feb 2017 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18822

Actions (login required)

View Item
View Item