PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAKKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Marbun, Sartika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAKKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2122111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2122111021 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2122111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2122111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2122111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2122111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2122111021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2122111021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2122111021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2122111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2122111021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2122111021 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2122111021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2122111021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2122111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2122111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2122111021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2122111021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2122111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2122111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap kemampuan menulis karangan persuasif oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 194 orang siswa.
Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desaign. Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan menulis karagan persuasif sebelum menggunakan model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) dengan rata-rata 64,8, standar deviasi 7,9 , dengan berkategori sangat baik 0% berkategori baik 39%, berkategori cukup 53%, berkategori kurang 8%, dan berkategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil kemampuan menulis karagan persuasif sebelum menggunakan model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) diperoleh rata-rata 77,2, standar deviasi 8,2 , dengan berkategori sangat baik 28%, berkategori baik 58%, berkategori cukup 14%, berkategori kurang 0%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t_(o )sebesar 7,56 ; setelah t_o diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan t_(tabel ), pada taraf signifikan 5% = 2,03, karena t_o yang diperoleh lebih besar dari t_tabel yaitu 7,56>2,03, hipotesis alternatif (H_a) diterima.
Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan persuasif oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 026
Uncontrolled Keywords: Model Peta Pikiran (Mind Mapping); Menulis Karangan Persuasif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:54
Last Modified: 21 Apr 2016 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item
View Item