PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA DI KELAS XI SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2011/2012

Christenty, Lisa (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA DI KELAS XI SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar pembuatan pola. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Model penelitian meliputi sebagai berikut: (1). Pertemuan awal peneliti dengan guru mata pelajaan, untuk merencanakan tugas dan teknik pelaksanaa tindakan serta penyusunan instrument yang akan digunakan. (2). Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati dimana penelitian direncanakan terdiri dari 2 siklus yang akan dilakukan pada bulan April dan Mei 2012. Setiap siklus mencakup aktivitas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi atau evaluasi.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasa XI Program Keahlian Tata busana di SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Sampel yang digunakan adalah sampel secara total sampling yaitu kelas XI sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pembuaran pola gaun pesta, lalu di analisis dengan analisa persentase.Hasil dari penelitian tindakan kelas adalah model pembelajaran dengan model Student Facilitator and Explaining dapat diterapkan pada pembelajaran pembuatan pola. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada pelajaran pembuatan pola mencapai ketuntasan belajar pada siklus I 18 orang (60%) dan aktivitas belajar siswa sebesar (69,7%). Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat pada pelajaran pembuatan pola mencapai ketuntasan 28 orang (90%) dan aktivitas belajar siswa sebesar (85,8%). Hal ini berarti penerapan model pembelajaran student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mem pola dasar kemeja pria dari siswa kelas XI di SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012.Berdasarkan hasil penelitian yang diutarakan di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Latihan (drill) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pembuatan pola dasar kemeja pria dari siswa kelas XI di SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012 dapat diterapkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 646 Chr p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Student Facilitator and Explaining; Hasil Belajar; Pembuatan Pola
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture
N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 17 Oct 2016 09:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18686

Actions (login required)

View Item
View Item