PENGEMBANGAN KURIKULUM KALKULUS-I DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Gultom, Syawal (2003) PENGEMBANGAN KURIKULUM KALKULUS-I DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Pendidikan Science, 27 (03). pp. 20-29. ISSN 0853-3792

[thumbnail of Pengembangan kurikulum kalkulus-I di jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan.pdf]
Preview
Text
Pengembangan kurikulum kalkulus-I di jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview

Abstract

Pengembangan kurikulum kalkulus -I Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan (UNIMED) dijelaskan di dalam tulisan ini. Penelitian dilakukan melalui survei terhadap dosen yang mengajar kalkulus dan mahasiswa Jurusan Matematika yang sudah lulus mata kuliah Kalkulus. Survei terdiri atas komponen materi kuliah Kalkulus yang diusulkan sebagai pokok bahasan yang sesuai dan sub pokok bahasan yang sesuai untuk diajarkan kepada mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA UNIMED. Paket survei (angket dan penjelasannya) diberikan kepada responden dan dimintakan kesediannya untuk mengembalikan kepada peneliti. esponden memberikan tanggapannya secara mandiri dan sukarela terhadap smua materi Kalkulus yang dianggap penting untuk diajarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dosen (1,73±0,58) dan mahasiswa (1,56±0,58) setuju terhadap semua materi usulan untuk diikutsertakan dalam kurikulum Kalkulus-I. Pokok bahasan yang diusulkan untuk dimasukkan ke dalam kurikulum Kalkulus-I adalah (1) Sistem Bilangan Real, (2) Bidang Cartesian Fungsi, (3) Limit dan Kekontinuan, (4) Turunan, (5) Turunan Fungsi Aljabar, (6) Penggunaan Turunan, dan (7) Anti Turunan.

Item Type: Article
Keywords: Pengembangan kurikulum; Materi kuliah; Mahasiswa; FMIPA UNIMED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:32
Last Modified: 05 Apr 2016 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item
View Item