MUSIK SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN LISTENING BAHASA INGGRIS DI ACCELERATED ENGLISH CENTRE MEDAN

Rimta, Irene Ayu (2013) MUSIK SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN LISTENING BAHASA INGGRIS DI ACCELERATED ENGLISH CENTRE MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 209142022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 209142022 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 2. 209142022 LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
2. 209142022 LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 3. 209142022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 209142022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4. 209142022 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 209142022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 5. 209142022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 209142022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6. 209142022 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. 209142022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 7. 209142022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 209142022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 8. 209142022  BAB I.pdf]
Preview
Text
8. 209142022 BAB I.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 12. 209142022 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. 209142022 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan musik sebagai media dalam pembelajaran Listening bahasa Inggris di Accelerated English Centre Medan. Lembaga ini merupakan lembaga kursus bahasa Inggris yang terus mengembangkan pembelajaran kreatif untuk memotivasi dan meningkatkan minat siswanya dalam belajar bahasa Inggris. Lembaga ini memasukkan unsur musik sebagai media pembelajaran Listening dengan menyajikan lagu-lagu bahasa Inggris untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan membuat siswa ikut aktif dalam pembelajaran tersebut.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel berdasarkan strata atau Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah duapuluh orang siswa dari lembaga ini yang berada pada tingkat Soft Start 3 Accelerated English Centre Medan.Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Accelerated English Centre Pusat di Jln. Kangkung Medan , Provinsi Sumatera Utara. Secara umum penelitian ini menunjukkan bahwa musik didalam pendidikan Bahasa Inggris sangat penting karena dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam menyampaikan materi ajar. Hal ini ditunjukkan oleh Accelerated English Centre yang menggunakan musik dalam bentuk nyanyian lagu-lagu popular Bahasa Inggris sebagai media pembelajaran Listening. Musik berperan penting dalam pembelajaran ini termasuk terhadap psikologi siswa. Musik mempermudah guru dalam menyampaikan materi ajar. Musik disajikan dengan memutar lagu-lagu yang telah dipilih sedemikian rupa dengan dvd atau mp3 player. Melalui pembelajaran ini, siswa dapat mengenal dan mengetahui kosakata Bahasa Inggris baru, menyimak dan memaknai lagu, belajar pronunciation melalui bernyanyi lagu tersebut, dll. Namun, demikian masih ada siswa yang merasa pembelajaran ini sedikit sulit karna mereka harus lebih teliti terhadap kosakata baru dan terkadang tidak dapat menuliskannya secara langsung. Tetapi, hal itulah yang ingin dikembangkan Accelerated English Centre agar siswa terus berusaha dalam berbahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 780.071 Rim m
Uncontrolled Keywords: Musik; Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Media Pembelajaran; Listening
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 22 Nov 2016 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17020

Actions (login required)

View Item
View Item