PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 SUNGGAL

Hutapea, Bilferi (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. BILFERI 8126121010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. BILFERI 8126121010 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. BILFERI 8126121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. BILFERI 8126121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. BILFERI 8126121010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. BILFERI 8126121010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 4. BILFERI 8126121010 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. BILFERI 8126121010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. BILFERI 8126121010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. BILFERI 8126121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. BILFERI 8126121010 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. BILFERI 8126121010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. BILFERI 8126121010 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. BILFERI 8126121010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. BILFERI 8126121010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. BILFERI 8126121010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. BILFERI 8126121010 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BILFERI 8126121010 BAB I.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of 13. BILFERI 8126121010 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BILFERI 8126121010 BAB V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 14. BILFERI 8126121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. BILFERI 8126121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika antara siswa dengan kecemasan berkomunikasi rendah dan hasil belajar matematika siswa dengan kecemasan berkomunikasi tinggi, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kecemasan berkomunikasi siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sunggal. Populasi terdiri atas empat kelas yang terdiri atas 152 siswa. Sampel penelitian ditetapkan kelas IX-B yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan kelas IX-C yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Intrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 soal dengan koefisien reliabilitas 0,92 sedangkan untuk mendapatkan data tentang kecemasan berkomunikasi siswa digunakan angket dengan 43 butir soal dan koefisien reliabilitasnya 0,929. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah X = 29,27 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X = 27,55 ,dengan Fhitung = 16,97 > Ftabel = 3,8, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kecemasan berkomunikasi rendah X = 30,5 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kecemasan berkomunikasi tinggi X = 27,13 dengan Fhitung = 6,32 > Ftabel = 3,8, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecemasan berkomunikasi terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 4,24 > Ftabel = 3,8. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang karakteristik kecemasan berkomunikasi rendah adalah strategi pembelajaran berbasis masalah sedangkan siswa dengan kecemasan berkomunikasi tinggi, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru matematika yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik kecemasan berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Hut p
Keywords: Hasil belajar; Matematika; Strategi pembelajaran; Komunikasi; Kecemasan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Apr 2016 03:30
Last Modified: 12 Apr 2016 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item
View Item