PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Ariyatna, Ernanda (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 384 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X KA 1 dan X KA 2 yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 79,09, standar deviasi = 7,85 sedangkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran ceramah di kelas kontrol masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 67,50 standar deviasi = 7,30. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 6,03. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=31 dari df =32 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,03 > 2,03, maka tolak Ho dan terima Ha. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Additional Information: 801.959 071 2 Ari p
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; pembelajaran ceramah; prosedur kompleks; pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 10:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15393

Actions (login required)

View Item
View Item