MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA S1 PGSD DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BILINGUAL

Simanjuntak, Eva Betty and Sitohang, Risma and Simbolon, Naeklan and Sitorus, Ramli (2010) MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA S1 PGSD DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BILINGUAL. Project Report. PGSD FIP Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yang menjadi latar belakang hiba pembelajaran ini adalah inovasi pembelajaran untuk mengembangkan profesionalitas Dosen dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui dukungan dan manfaat multimedia dalam pembelajaran di PGSD S1 FIP UNIMED, Medan, mengetahui prosedur penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa PGSD S1 FIP UNIMED, Medan. Adapun hasil dari Hibah pengajaran yang menjadi subjek penelitian pada hibah pengajaran ini adalah Mahasiswa PGSD PEMKO Gayos Luwes Semester 3 berjumlah sebanyak 33 orang. Prosedur penelitian hibah pengajaran ini dilaksanakan sebanyak dua siklus.
Hasil penguasaan pengetahuan berbahasa materi dengan menggunakan multimedia dari siklus I ke siklus II kemampuan mahasiswa dapat dilihat dari data Persentase perkembangan pengetahuan kemampuan berbahasa Inggris dengan penggunaan multimedia meningkat dari 30,4% dari rentang nilai 66-85. Namun nilai 66-69 belum dikatakan tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman kemampuan bahasa menjadi 96% dengan rentang nilai 75-85 ada 25 orang, sedangkan yang mendapat nilai 90 ada 7 orang. Pada Pengujian "Test Oral" untuk mengukur kemampuan vocabulary, fluency, information provided, grammar, pronunciation dari data dapat dilihat kemajuan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu terjadi peningkatan dari 15,5% menjadi 78%. Dari data dapat dianalisis bahwa kemampuan kognitif berbahasa tinggi namun belum tentu di kemampuan/keterampilan berbahasa Inggris tinggi karena bukan suatu jaminan dia bisa terampil.
Dari hasil penelitian hibah pengajaran ini ternyata penggunaan Multimedia efektif untuk mencapai tujuan pembelajarang Bilingual.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Multimedia; Pembelajaran bilingual; Bahasa Inggris; Media pembelajaran; Audiens
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:36
Last Modified: 14 Oct 2016 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item
View Item