PENINGKATAN KOMPETENSI METODOLOGI PENDIDIKAN SENI

Heniwaty, Yusnizar and Rahayu, Tuty and Narawati, Tati and Rusyana, Yus (2007) PENINGKATAN KOMPETENSI METODOLOGI PENDIDIKAN SENI. Project Report. Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah metodologi pengajaran seni, dengan menggunakan konsep metodologi yang disesuaikan dengan tujuan pendidikan seni di sekolah umum. Konsep pembelajaran ini mengutamakan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang dijadikan sebagai landasan untuk dikembangkan. Penelitian ini dilakukan selama 2 tahun. Khusus tahun I difokuskan pada pengujicobaan konsep metodologi pengajaran yang sudah dikembangkan oleh UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) berupa: a) Pemahaman metode kreatif dengan pendekatan kontekstual dan non kontekstual, b) Pembuatan model-model pembelajaran dalam bentuk mapping, c) penerapan model-model pembelajaran dalam bentuk praktik, d) pembuatan bahan latihan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a). Pemahaman metode kreatif dengan dua pendekatan harus dikuasai terlebih dahulu, yang menyangkut pada penguasaan teknik penciptaan, teknik pengajaran, teknik penyajian, dan ilmu tari. b) model-model pembelajaran dengan bentuk muffing lebih memudahkan dalam penerapan dikelas, yang dibuat berdasarkan materi tradisi setempat dan diolah menjadi beberapa kompetensi dasar., c) berdasarkan pengajaran dengan model-model pembelajaran dalam bentuk praktek, yang mengutamakan aktivitas siswa menjadikan siswa dapat berekspresi dan berapresiasi tentang tari tradisinya, d) bahan pelatihan yang dibuat sangat sesuai dengan kebutuhan dari muatan dalam kurikulum sekolah yang menitikberatkan pada muatan lokal, dalam hal ini tari tradisi etnis Sumatera Utara, dan yang mengacu pada poin a, b, dan c.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Model pembelajaran; Seni tari; Bahan latihan; Metode kreatif; Model mapping
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Aug 2016 07:39
Last Modified: 31 Aug 2016 07:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14942

Actions (login required)

View Item
View Item