STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Hasruddin (2006) STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Tabularasa, 03 (01). pp. 33-42. ISSN 1693-7732

[thumbnail of STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.pdf]
Preview
Text
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview

Abstract

Selama ini banyak keluhan tentang siswa yang kurang mandiri, kurangmenghargai pendapat orang lain, siswa kurang mau dan mampu bekerjasama ataumembantu teman. Pembelajaran yang efektif untuk memperoleh keberhasilan semuapihak, baik keberhasilan guru dan terutama keberhasilan siswa secara terus-menerusdiupayakan, dicari, diujicoba, dan diteliti. Selain itu, tuntutan semakin kompleksnyapersoalan di tengah kehidupan masyarakat, tuntutan pasar yang semakin kompetitif,teknologi semakin berkembang, maka tuntutan strategi pembelajaran yang efektif perludilakukan. Melalui pembelajaran kooperatif siswa terlatih bekerja sama dalammenanggapi isu sosial, ekonomi, lingkungan, etika, dan menilai secara kritisperkembangan sains dan teknologi. Selain itu juga siswa dilatih untuk memlikikecakapan berkomunikasi baik secara lisan maupun secara tulisan. Banyak cara yangdapat dilqkukan, salah satu di antaranya adalah srrategi pembelajaran kooperatif.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:23
Last Modified: 02 Dec 2016 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1417

Actions (login required)

View Item
View Item