PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013

Purba, Jhon Andrianto (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141094 COVER.pdf]
Preview
Text
709141094 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141094 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709141094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709141094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709141094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141094 BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141094 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 709141094 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
709141094 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Berastagi.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Berastagi yang beralamat di Jln. Jamin Ginting No. 199 Berastagi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah 40 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah essai. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar dengan menerapkan metode Active Learning tipe Quiz Team.Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa yaitu sebesar 5% (2 orang) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 45,12 dan 95% (48 orang) siswa tidak tuntas. Data postes siklus I sebesar 47,5% (19 orang) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 69 dan 52,5% (21 orang) siswa tidak tuntas. Sedangkan data pada postes siklus II sebesar 97,5% (39 orang) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 86,87 dan 2,5% (1 orang) siswa tidak tuntas. Dimana rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 17,37 poin. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 4,75 dimana pada siklus I aktivitas siswa sebesar 13,33 meningkat pada siklus II menjadi 18,08.Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Active Learning tipe Quiz Team pada materi Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat di kelas VII-1 SMP Negeri 3 Berastagi tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Hal ini berarti bahwa metode Active Learning tipe Quiz Team dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 658.071 2 Pur p
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; active learning; konvensional; hasil belajar; IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 10 Nov 2016 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13626

Actions (login required)

View Item
View Item