PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Hutabarat, Wesly (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 07 (01). pp. 24-29. ISSN 1907-7157

[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Enclosure.pdf]
Preview
Text
Enclosure.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Media Animasi Flash dalam pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap peningkatan hasil belajar kimia pada materi sistem Koloid di SMA Negeri 8 Medan pada kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan STAD dengan Media animasi flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan STAD tanpa Media animasi flash. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 25 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,6344 ± 0,1300 lebih baik dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,5342 ± 0,1004. Peningkatan Hasil belajar kedua kelas ekperimen diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (3,5035 > 1,6698) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan Hasil belajar kimia tanpa menggunakan Media Animasi Flash lebih baik daripada peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan Media Animasi Flash dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD.Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran STAD dengan Media Animasi Flash memberikan Peningkatan hasil belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran STAD tanpa Media Animasi Flash. Dan Peningkatan atau persentase gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 63,44% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 53,42%.

Item Type: Article
Keywords: Animasi flash; Sistem koloid; Media pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:45
Last Modified: 28 Apr 2016 01:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item
View Item