EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM-BASA DI SMA N 1 PERCUT SEI TUAN, T.P 2009/2010

Hutabarat, Wesly (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM-BASA DI SMA N 1 PERCUT SEI TUAN, T.P 2009/2010. Jurnal Penelitian Saintika, 15 (02). pp. 119-123. ISSN 1412-2995

[img] Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Enclosure.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA N 1 Percut Sei Tuan lebih baik setelah diberi pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan pembelajaran konvensional ceramah pada pokok bahasan asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Percut Sei Tuan yang terbagi atas 6 kelas dengan jumlah siswa 40 orang setiap kelas. Sedangkan sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 80 orang yang dibagi dalam 2 kelas, masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal (yang telah dinyatakan valid). Data penelitian dianalisis menggunakan program computer excel, meliputi deskripsi data, normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa dalam pembelajaran konvensional ceramah pada kelas kontrol dimana nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretes 43,75 dan postes 74,25 sementara nilai rata-rata kelas kontrol pada pretes 41,25 dan postes 62,5 ; 2) besar efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan asam basa kelas XI SMA N 1 Percut Sei Tuan T.P 2009/2010 adalah 23,125%.

Item Type: Article
Keywords: Metode ceramah; Pembelajaran kooperatif; Asam; Basa; Think pair share
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item