ANALISIS MULTIMODAL IKLAN INDOMIE

Suprakisno ANALISIS MULTIMODAL IKLAN INDOMIE. -, - (-). pp. 25-33. ISSN -

[thumbnail of Table Of Content, Preface.pdf]
Preview
Text
Table Of Content, Preface.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini membahas tentang analisis multimodal iklan Indomie. Iklan baik iklan media cetak maupun iklan media elektronik merupakan salah satu teks yang memiliki kekompleksitasan makna. Kekompleksitasan makna itu terjadi karena untuk menyampaikan pesan di dalam iklan tidak saja digunakan unsur bahasa melainkan juga unsur bahasa nonverbal dan sarana visual lainnya. Oleh karenanya, untuk memahami kekompleksitasan makna perlu dilakukan analisis multimodal dalam iklan tersebut. Analisis multimodal yang dibahas dalam tulisan ini menggunakan teori linguistik sistemik fungsional (LSF). Model analisis multimodal dikembangkan dari perpaduan teori multimodal (Anstey & Bull, 2010), dan analisis multimodal oleh Kress dan Van Leeuwen (1996-2006). Dari analisis iklan Indomie diperoleh hasi bahwa iklan Indomie memiliki sistem semiotik multimodal yang meliputi unsur linguistik, visual, audio, gestural, dan spastial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis; Multimodal; Iklan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:56
Last Modified: 06 Apr 2016 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item
View Item