PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014

Nasution, Syahrial (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar Melakukan Prosedur Administrasi siswa pada SMK Harapan Stabat Tahun Ajaran 2013-2014. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Harapan Stabat di Jalan Letdjen. S. Parman No. 5 Stabat Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah total 98 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X AP 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP 1 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terdisi dari 32 siswa dengan jumlah total 64 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 10 item soal.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen = 50,31 dengan Standar Deviasi = 19,91 dan nilai rata-rata post tes siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran Scramble = 79,37 dengan Standart Deviasi = 10,45. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol = 47,18 dengan Standar Deviasi = 22,17 dan nilai rata-rata post tes siswa menggunakan model pembelajaran konvensional = 68,12 dengan Standar Deviasi = 12,03. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (13,43 > 1,669), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N + N – 2 = 62.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar Melakukan Prosedur Administrasi siswa pada SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013-2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 651.307 19 Nas p
Keywords: Model Pembelajaran; Scramble; Hasil Belajar Siswa; Konvensional
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13093

Actions (login required)

View Item View Item