MENINGKATKAN KINERJA GURU BIOLOGI SMA NEGERI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS

Sihombing, Seven Sumihar (2014) MENINGKATKAN KINERJA GURU BIOLOGI SMA NEGERI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (02). pp. 77-96. ISSN 1979-6684

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kinerja guru biologi dalam pembelajaran di SMA Negeri setelah memperoleh pembinaan melalui supervisi klinis; (2) mengetahui peningkatan kinerja guru biologi dalam pembelajaran di SMA Negeri. Metode penelitian ini adalah kualitatif atau penelitian tindakan dengan pendekatan observasi. Subjek penelitian adalah guru biologi SMA Negeri berjumlah empat orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data lembar penilaian observasi kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran (APKG 1), pelaksanaan pembelajaran (APKG 2), dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pra siklus rata-rata kinerja guru yaitu merencanakan adalah 68,7 dengan kategori cukup, melaksanakan adalah 65,6 dengan kategori cukup, dan menilai hasil proses pembelajaran adalah 68,7 dengan kategori cukup; (2) siklus pertama rata-rata kinerja dalam merencanakan adalah 74,3 dengan kategori cukup, melaksanakan adalah 74,2 dengan kategori cukup, menilai hasil proses pembelajaran adalah 75 dengan kategori baik; (3) siklus kedua rata-rata kinerja guru dalam merencanakan adalah 95 dengan kategori sangat baik, melaksanakan adalah 96,6 dengan kategori sangat baik, menilai hasil proses pembelajaran adalah 98,75 dengan kategori sangat baik; (4) rata-rata nilai kinerja guru biologi dalam pembelajaran dari pra siklus, siklus pertama, dan siklus kedua yaitu merencanakan adalah 79,5 dengan kategori baik, melaksanakan adalah 78,8 dengan kategori baik, dan menilai hasil proses pembelajaran adalah 80,8 dengan kategori baik, telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan; (5) supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru biologi dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Keywords: Kinerja; Guru; Pembelajaran; Supervisi; Klinis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2016 08:23
Last Modified: 31 Oct 2016 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item
View Item