PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012

Widyaningsih, Woro (2012) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114285 COVER.pdf]
Preview
Text
708114285 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
708114285 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
708114285 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
708114285 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 0708114285 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
0708114285 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
708114285 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
708114285 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
708114285 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 BAB I.pdf]
Preview
Text
708114285 BAB I.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 BAB V.pdf]
Preview
Text
708114285 BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 708114285 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
708114285 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Pemasalahan dalam penelitian ini adalah banyak guru menganggap bahwa kecerdasan emosional tidak berperan dalam keberhasilan studi siswa, namun lebih cenderung kecerdasan intelektual yang berperan. Selain itu, rendahnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK oleh guru padahal keberadaan fasilitas media tersebut sangat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara tahun ajaran 2011/2012.Penelitian berlokasi di SMK Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji koefisien regresi secara parsial (Uji t), uji koefisien regresi secara simultan (Uji F), dan analisis koefisien determinasi (R Square).Kesimpulan penelitian ini adalah kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,733 > 1,673 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,339 > 1,673 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kecerdasan emosional dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara tahun ajaran 2011/2012. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 40,947 > 3,162 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. 4) Angka R Square sebesar 0,594 menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 59,4%. Sedangkan sisanya sebesar 40,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 Wid p
Keywords: Kecerdasan Emosional; Media Teknologi Informasi dan Komunikasi; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 21 Dec 2016 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12904

Actions (login required)

View Item
View Item