PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGANALIS TES PILIHAN GANDA MELALUI SUPERVISI KOLABORATIF DI SMA NEGERI 1 MERLUNG DAN SMA NEGERI 4 MERLUNG

Siagian, Marta G.S (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGANALIS TES PILIHAN GANDA MELALUI SUPERVISI KOLABORATIF DI SMA NEGERI 1 MERLUNG DAN SMA NEGERI 4 MERLUNG. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (01). pp. 17-23. ISSN 1979-6684

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk membantu guru Matematika meningkatkan keterampilan menganalisis tes pilihan ganda. Analisis kualitatif melihat kesesuaian soal dengan tiga aspek yang ditentukan yaitu aspek materi, aspek konstruksi dan aspek bahasa yang menggunakan lembar telaah soal. Sedangkan analisis kuantitatif, melakukan perhitungan terhadap aspek validitas butir tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas pengecoh. Berdasarkan hasil analisis kualitatif dan analisis kuantitatif soal semester 1 pada siklus I, tidak ada soal yang sesuai dengan kaidah pada setiap aspek (0%) pada kedua sekolah. Pada analisis kualitatif di siklus II, soal yang sesuai dengan kaidah pada aspek materi meningkat menjadi 85% di SMA Negeri 1 Merlung dan 87,5% di SMA Negeri 4 Merlung dari 40 soal yang disusun. Demikian halnya pada aspek konstruksi, soal yang sesuai dengan kaidah meningkat menjadi 87,5% dan 97,5% untuk masing-masing jurusan. Hasil analisis kuantitatif juga mengalami peningkatan, yaitu 87,5% (35 soal) untuk jurusan IPA dan 82,5% (33 soal) untuk jurusan IPS di SMA Negeri 1 Merlung. Soal yang diterima untuk jurusan IPA di SMA Negeri 4 Merlung sebanyak 82,5% (33 soal) untuk jurusan IPS dan 80% (32 soal) untuk jurusan IPS. Keterampilan guru pada kedua sekolah dalam menganalisis tes pilihan ganda melalui supervisi kolaboratif meningkat dari nilai 77,8 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II (analisis kualitatif). Pada analisis kuantitatif juga terjadi peningkatan dari nilai 33,3 menjadi 86,7. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan guru menganalisis tes pilihan ganda di SMA Negeri 1 Merlung dan SMA Negeri 4 Merlung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis kualitatif; Analisis kuantitatif; Supervisi kolaboratif; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Feb 2017 05:06
Last Modified: 27 Feb 2017 05:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item
View Item