PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKANMODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)DAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN

Hanum, Inu Shadra (2016) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKANMODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)DAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4113131028. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4113131028. COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4113131028. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4113131028. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4113131028. RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4113131028. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4113131028. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4113131028. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4113131028. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4113131028. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4113131028. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4113131028. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4113131028. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4113131028. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4113131028. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4113131028. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4113131028. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4113131028. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4113131028. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4113131028. BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4113131028. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4113131028. BAB V.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4113131028. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4113131028. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil
belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning
(PBL) dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan
menggunakan kooperatif tipe Studen Teams Achievement Division (STAD) pada
materi ikatan kimia. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar
siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Kelas
eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan Problem Based
Learning (PBL) dan kelas eksperimen II menggunakan kooperatif Tipe Studen
Teams Achievement Division (STAD). Dari hasil penelitian untuk kelas
eksperimen I diperoleh nilai rata – rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,70
sedangkan untuk kelas eksperimen II nilai rata – rata peningkatan hasil belajar
adalah 0,362. Hasil uji t diperoleh thit = 0,4 dan ttabel = 1,974 sehingga thitung < ttabel
yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima.koefisien determinasi pada eksperimen I
49% dan eksperimen II 13,1%. Uji t untuk hubungan antara peningkatan hasil
belajar terhadap sikap demokrasi siswa padaeksperimen I thitung 5,71 > ttabel
2,021dan kelas eksperimen II thitung 2,12 > ttabel 2,042 yang berarti menunjukkan
bahwa adanya hubungan antara keduanya. Berdasarkan hasil penelitian di atas
maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan peningkatan
hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based
Learning (PBL) dengan kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 002
Uncontrolled Keywords: Belajar Kimia; Ikatan kimia; Medai Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:42
Last Modified: 18 Aug 2016 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item
View Item