MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUAL, REPETITION) KELAS V SDN DI MEDAN

Simbolon, Naeklan and Tarigan, Sadari Sri Herlina (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUAL, REPETITION) KELAS V SDN DI MEDAN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 08 (02). pp. 141-150. ISSN 1410-4695

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan model AIR (Auditory, Intellectual, Repertition) di kelas V. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD dengan jumlah siswa 20 orang dan objeknya adalah aktivitas belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model AIR (Auditory, Intellectual, Repertition). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I dilakukan perencanaa, pelaksaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas belajar siswa dan observasi kegiatan guru. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh data sebagai berikut: Pada siklus I pertemuan I, ada 9 orang yang aktif dengan persentasi 45% dan pertemuan II ada 11 orang yang aktif dengan persentase 55%. Pada siklus II pertemuan I ada 17 orang yang aktif dengan persentase 85% dan pertemuan II ada 20 orang yang aktif dengan persentase siswa yang aktif 100%. Nilai rata-rata kelas meningkat setiap pertemuan. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 59,73 dan pertemuan II adalah 72,17. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 84,01 dan pertemuan II adalah 93,81. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model AIR (Auditory, Intellectual, Repertition) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 066046 Medan Helvetia T.A. 2014/2015. Oleh karena itu peneliti menyarankan guru dapat menggunakan model AIR (Auditory, Intellectual, Repertition) dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Auditory; Intellectual; Repetition; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:10
Last Modified: 19 Aug 2016 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12723

Actions (login required)

View Item
View Item