PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI SMP SANTO YOSEPH MEDAN

Sinuraya, Juru Bahasa and Siburian, Lenni (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI SMP SANTO YOSEPH MEDAN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19 (01). pp. 37-43. ISSN 0852-0151

[img] Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembealjaran inkuiri yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP I Santo Yoseph Medan. Teknik pemilihan sampel menggunakan cluster random smpling. Jumlah kelas sampel adalah dua kelas yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Jumlah anggota sampel dari masing-masing kelas adalah 40 orang sehingga jumlah anggota sampel adalah 80 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hsil belajar. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu sisi. Hasil pengujian hipotesis menggambarkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Rata-rata hasil belajar kelompok strategi inkuiri lebih tinggi dibanding kelompok konvensional, hal ini menggambarkan bahwa strategi inkuiri memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar yang lebih baik ketimbang pengaruh kelompok strtegi konvensional.

Item Type: Article
Keywords: Strategi inkuiri; Strategi konvensional; Strategi pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item