PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP N. 4 TANJUNGBALAI T.A 2013

Pratiwi, Sary (2015) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP N. 4 TANJUNGBALAI T.A 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103311044 COVER.pdf]
Preview
Text
4103311044 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103311044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103311044 BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103311044 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 4103311044 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4103311044 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model Learning Cycle “5E” dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa dalam pembelajaran pokok bahasan “Prisma dan Limas” di kelas VIII SMP N 4 Tanjungbalai.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP N.4 Tanjungbalai yang berjumlah 36 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Cycle “5E” pada pokok bahasan prisma dan limas di kelas VIII-6 SMP Negeri 4 Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan awal, tes kemampuan pemecahan masalah, observasi dan wawancara. Sedangkan analisa data yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian, yang dimulai dari tes kemampuan diperoleh nilai rata-rata kelas mampu memecahkan masalah adalah 48,95 dengan tingkat ketuntasan siswa mampu memecahkan masalah adalah . Dari tes kemampuan pemecahan masalah siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mampu memecahkan masalah adalah 58,85. dengan tingkat ketuntasan siswa mampu memecahkan masalah adalah . Dari tes kemampuan pemecahan masalah II yang diperoleh nilai rata-rata kelas mampu memecahkan masalah adalah 86,49 degan tingkat ketuntasan siswa mampu memecahkan masalah adalah
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran learning cycle “5E” dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIII-6 SMP Negeri 4 Tanjungbalai. Saran yang diajukan yaitu diharapkan guru melakukan pengajaran dengan model Pembelajaran learning cycle “5E” dengan memperbanyak memberi pertanyaan-pertanyaan atau mengajukan masalah dalam kegiatan pembelajaran karena kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan kemampuanya dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.507 1 Pra p
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah; learning cycle; prisma dan limas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Aug 2016 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11961

Actions (login required)

View Item
View Item