PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK LITRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SELESAI T.P 2013/2014

Oktami, Warmita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK LITRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SELESAI T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121082 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121082 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121082 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103121082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082  BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121082 BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082  BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121082 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4103121082  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akibat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis kelas X semester II SMA Negeri 1 Selesai T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas X-A dan X-C sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen berupa tes soal pilihan berganda telah dilakukan uji validitas tes untuk mengukur hasil belajar.Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 27,43 dan 27,57. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal ( dimana Lhitung< Ltabel) dan homogen (dimana Fhitung< Ftabel). Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (-0,052 < 1,997), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Peta Konsep dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh data postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 75,57 dan 63,72. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (6,48 > 1,669) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537.607 12 Okt p
Keywords: Pembelajaran; Konvensional; Kooperatif; STAD; Hasil Belajar; Peta Konsep; Listrik Dinamis
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 15 Aug 2016 06:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item
View Item