ANALISIS WACANA IKLAN TRANS TV (TINJAUAN KOHESI DAN KOHERENSI)

Pulungan, Anni Holila (2014) ANALISIS WACANA IKLAN TRANS TV (TINJAUAN KOHESI DAN KOHERENSI). Jurnal Bahas (89). ISSN 085-8515

[thumbnail of Analisis wacana iklan trans tv tinjauan kohesi dan koherensi.pdf]
Preview
Text
Analisis wacana iklan trans tv tinjauan kohesi dan koherensi.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Kajian ini merupakan kajian yang berfokus pada penganalisisan wacana iklan. Iklan-iklan yang dianalisis ini ditinjau dari segi kohesi dan koherensinya yang berasal dari salah satu televisi swasta, yaitu Trans TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif sinkronis dan teknik analisisnya adalah teknik padan. Data wacana iklan bersumber pada bahasa lisan yang diambil dari wacana iklan televisi swasta yaitu Trans TV. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga tipe dasar yakni tipe A dengan tipe dasar pembentuk kohesif yang memiliki delapan subtipe. Tipe B dengan tipe dasar wacana kohesif dengan daya koheren yang memiliki tiga subtipe. Tipe C yaitu daya koheren pada wacana yang tidak kohesif. Daya kohesi berupa pemarkah leksikal dan gramatikal. Topik yang diiklankan merupakan kata kunci dalam wacana yang bersangkutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Wacana Iklan; Kohesi; Koherensi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5801 Advertising
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 10 Jun 2016 07:39
Last Modified: 10 Jun 2016 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item
View Item