PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN KONVENSIONAL PADA MATERI ZAT DAN WUJUDNYA DI SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Hakim S., Abdul (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN KONVENSIONAL PADA MATERI ZAT DAN WUJUDNYA DI SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 3 (2). ISSN 2085-5281

[img] Text
Perbedaan hasil belajar siswa dengan problem based instruction dan konvensional pada materi zat dan wujudnya di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Problem Based Instruction dan Konvensional pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester I yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, pembelajaran berbasis masalah di kelas VII-2 dan pembelajaran konvensional di kelas VII-1 yang jumlahnya masing-masing 38 orang. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 43,86 dengan standar deviasi 15,07 dan rata-rata postes 71,57 dengan standar deviasi 14,34 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 43,68 dengan standar deviasi 14 dan rata-rata postes 61,93 dengan standar deviasi 17,80. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t, diperoleh = 2,50 dan ttabel = 1,995 sehingga thitung > ttabel (2,50 > 1,995) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction dan model pembelajaran Konvensional.

Item Type: Article
Keywords: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Model yang Konvensional
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item