PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN MEDAN KOTA

Purba, Sukarman (2013) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN MEDAN KOTA. Jurnal Generasi Kampus, 06 (01). pp. 39-56. ISSN ISSN 1978-869X

[thumbnail of Cover,FullText.pdf]
Preview
Text
Cover,FullText.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap kinerja guru. Populasi target dalam penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri di Kecamatan Medan Kota, sebanyak 324 orang guru. Jumlah sampel sebanyak 182 orang dengan menggunakan tabel Kreijcie.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data supervisi akademik kepala sekolah dilakukan dengan kuesioner, dan untuk variabel Kinerja guru dilakukan dengan menggunakan lembaran observasi yang diadopsi dari Instrumen Alat Penilaian Kinerja Guru (APKG). Metode penelitian adalah penelitian survey dengan pendekatan korelasional..Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap kinerja guru. Untuk itu, diperlukan kebijakan untuk meningkatkan kinerja guru, sehingga perlu ditingkatkan pemberian Supervisi Akademik kepada guru.

Item Type: Article
Keywords: Supervisi Akademik, Kinerja Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:24
Last Modified: 05 Apr 2016 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item
View Item