Purba, Sukarman (2008) PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH. Jurnal Generasi Kampus, 01 (01). pp. 107-121. ISSN ISSN 1978-869X
Cover,FullText.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Supervisi pada hakikatnya dilakukan oleh kepala sekolah yang berperan sebagai supervisor kepada guru agar dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Mengingat beratnya tugas seorang guru dan menjadikan guru sebagai seorang yang profesional dalam bidangnya, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan profesionalisme dalam bidang pekerjaannya. Untuk itu, sudah menjadi suatu keharusan bahwa kepala sekolah haruslah melakukan supervisi klinis kepada guru. Supervisi klinis ialah suatu proses pembimbingan dalam pendidikan yang bertujuan membantu pengembangan profesional guru khususnya dalam penampilan mengajar. Dalam melakukan supervisi klinis, kepala sekolah terlebih dahulu mengetahui konsep supervisi klinis dan menerapkan dengan sebaik-baiknya. Terdapat sejumlah langkah supervisi klinis untuk meningkatkan profesionalisme guru dan terdapat sejumlah indikator profesionalisme mengajar guru. Keberhasilan supervisi klinis ditandai dengan terpenuhinya indikator-indikator tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Profesionalisme Guru; Supervisi Klinis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 04:17 |
Last Modified: | 05 Apr 2016 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1104 |