PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH

Purba, Sukarman (2008) PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH. Jurnal Generasi Kampus, 01 (01). pp. 107-121. ISSN ISSN 1978-869X

[thumbnail of Cover,FullText.pdf]
Preview
Text
Cover,FullText.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Supervisi pada hakikatnya dilakukan oleh kepala sekolah yang berperan sebagai supervisor kepada guru agar dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Mengingat beratnya tugas seorang guru dan menjadikan guru sebagai seorang yang profesional dalam bidangnya, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan profesionalisme dalam bidang pekerjaannya. Untuk itu, sudah menjadi suatu keharusan bahwa kepala sekolah haruslah melakukan supervisi klinis kepada guru. Supervisi klinis ialah suatu proses pembimbingan dalam pendidikan yang bertujuan membantu pengembangan profesional guru khususnya dalam penampilan mengajar. Dalam melakukan supervisi klinis, kepala sekolah terlebih dahulu mengetahui konsep supervisi klinis dan menerapkan dengan sebaik-baiknya. Terdapat sejumlah langkah supervisi klinis untuk meningkatkan profesionalisme guru dan terdapat sejumlah indikator profesionalisme mengajar guru. Keberhasilan supervisi klinis ditandai dengan terpenuhinya indikator-indikator tersebut.

Item Type: Article
Keywords: Profesionalisme Guru; Supervisi Klinis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:17
Last Modified: 05 Apr 2016 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item
View Item