PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PEMANFAATAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SPLDV DI KELAS VIII SMP SWASTA BAITUL AZIZ TEMBUNG MEDAN T.A. 2013/2014

Siregar, Ira Ryana (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PEMANFAATAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SPLDV DI KELAS VIII SMP SWASTA BAITUL AZIZ TEMBUNG MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409111037 COVER.pdf]
Preview
Text
409111037 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 409111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 409111037 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409111037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 409111037ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409111037ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 409111037 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409111037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 409111037 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409111037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 409111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 409111037 BAB I.pdf]
Preview
Text
409111037 BAB I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 409111037 BAB V.pdf]
Preview
Text
409111037 BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 409111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pemanfaatan LKS padamateri pokokSPLDV di kelasVIII SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung Medan TahunAjaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif NHT dengan pemanfaatan LKS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok SPLDV.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung Medan Tahun Ajaran 2013/2014yang berjumlah 27 orang siswa.Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal.Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 6 dari 27 siswa (22,22%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata 46,93. Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 55,56% atauada 15 dari 27 siswa yang tuntas belajar secara individu denga nnilai rata-rata 63,15. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasika ladalah 85,19% atau ada 23 dari 27 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 87,93.Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah terdapat 85,19% siswa yang telah tuntas.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswakelasVIII SMP Swasta Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung Medan sehingga pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pemanfaatan LKS dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.507 1 Sir p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Tipe NHT; Lembar Kerja Siswa (LKS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item
View Item