Situmorang, Benyamin (2014) PENGUASAAN TEKNIK PEMESINAN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN MINAT BERWIRAUSAHA. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20 (01). pp. 30-40. ISSN 0852-0151
Text
Cover,FullText.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hubungan hasil belajar menggambar teknik, kemandirian belajar, minat berwirausaha dengan penguasaan teknik pemesinan. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan melibatkan 58 siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan sebagai responden. Data hasil belajar menggambar teknik merupakan data dokumentasi, data kemnadirian belajar dan minat kewirausaha di jaring dengan menggunakan kuesioner pilihan berganda model skala Likert, dan data penguasaan teknik pemesinan dijaring dengan ujian praktek. Teknik analisis data dilakukan dalam dua tahap yakni secara deskriptif dan inferensial. Tujuan analisis deskriptif adalah untuk menggambarkan karakteristik data berupa rata-rata, median, modus dan varians. Analisis inferensial digunakan untuk menguji pesyaratan dan hipotesis penelitian. Uji persyaratan analisis mencakup : uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji normalitas data setiap variabel menggunakan uji Lilliefors. Uji kelinearan regresi antar variabel dilakukan menggunakan statistik uji F. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan teknik pemesinan siswa adalah cenderung dalam kategori cukup, hasil belajar menggambar teknik siswa adalah cenderung dalam kategori cukup, kemandirian belajar siswa dalam kategori cukup, dan minat berwirausaha siswa adalah cenderung dalam kategori cukup. Hasil belajar menggambar teknik dengan penguasaan teknik pemesinan siswa memiliki hubungan positif dan berarti. Kemandirian belajar dengan penguasaan teknik pemesinan siswa memiliki hubungan positif dan berarti. Minat berwirausaha dengan penguasaan teknik pemesinan siswa memiliki hubungan positif dan berarti. Hasil belajar menggambar teknik, kemandirian belajar dan minat berwirausaha secaa bersama-sama dengan penguasaan teknik pemesinan siswa memiliki hubungan positif dan berarti.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Teknik Pemesinan; Hasil belajar; Menggambar Teknik; Kemandirian Belajar; Minat Berwirausaha |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 02 Apr 2016 07:18 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1083 |
Actions (login required)
View Item |