PENGEMBANGAN DISAIN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN

Ambarita, Biner and Siburian, Paningkat (2012) PENGEMBANGAN DISAIN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19 (2). pp. 98-104. ISSN 0852-0151

[img] Text
Cover,FullText.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model supervisi akademik yang paling baik meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif dan efisien berbasis karakter. Penelitian dilakukan di Kabupaten Deli Serdang dengan melibatkan 30 orang guru bidang studi bahasa Indonesia yang bertugas pada tujuh unit SMP, dan di Kota Tebing Tinggi dengan melibatkan tiga puluh orang guru bidang studi bahasa Indonesia yang bertugas pada delapan unit SMP. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan Sekolah (PTS), karena penelitian dilakukan untuk menemukan pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jadi untuk menjaring data kinerja digunakan alat penilaian kemampuan guru, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan data variabel penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa pada siklus pertama penerapan supervisi akademik model artistik tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik, dan pada siklus kedua sebanyak 86,67% guru memiliki skor kinerja dalam kategori baik, sedangkan sisanya sebanyak 13,33% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. Jadi, penerapan supervisi akademik model artistik dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasa indonesia di SMP Kabupaten Deli Serdang. Hasil penelitian di Kota Tebing Tinggi menemukan bahwa pada siklus pertama penerapan supervisi akademik model klinis tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik, dan pada siklus kedua sebanyak 83,33% guru memiliki skor kinerja dalam kategori baik, sedangkan sisanya sebanyak 16,67% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. Jadi, penerapan supervisi akademik model klinis dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasa Indonesia di SMP di Kota Tebing Tinggi.

Item Type: Article
Keywords: Supervisi; Akademik; Kinerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 02 Apr 2016 07:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item