PEMBENTUKAN LANJUT KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KEBIASAAN BERPIKIR SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF(MEMBANTU SISWA DALAM MEMBIASAKAN BERPIKIR TENTANG PIKIRANNYA)

Fauzi, Kms Muhammad Amin PEMBENTUKAN LANJUT KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KEBIASAAN BERPIKIR SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF(MEMBANTU SISWA DALAM MEMBIASAKAN BERPIKIR TENTANG PIKIRANNYA). Jurnal Ilmu Kependidikan Kopertis Wilayah I NAD-Sumatera Utara. pp. 12-20. ISSN 1907-4077

[img] Text
Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
FullText.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Keterampilan berpikir merupakan hal yang penting dalam pendidikan matematika, perlu dilatihkan dan difasilitasi pada diri siswa dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Siswa perlu dibekali keterampilan seperti itu bertujuan agar siswa mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang. Pembentukan lanjut dari kemandirian belajar yang sudah ada pada diri siswa, kebiasaan berpikir matematik siswa dengan membiasakan kemampuan mengkoneksikan matematika siswa, merupakan hal yang mutlak diperlukan untuk mendukung kesuksesan individu dalam berbagai bidang kehidupan dan dalam kondisi apapun. Diperlukan upaya yang komprehensif untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk mengembangkan pembentukan lanjut dan kemampuan tersebut adalah pendekatan metakognitif. Kebiasaan-kebiasaan matematis yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan mempunyai target khusus yang ingin dicapai pada diri siswa yaitu siswa berpikir positif terhadap matematika dan tumbuhnya berbagai kemampuan, khususnya kemampuan koneksi matematis yang esensial bagi siswa dalam memecahkan masalah matematik dan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Article
Keywords: Pembentukan; Kemandirian Belajar; Kebiasaan Berpikir; Koneksi Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item