MEMPERTIMBANGKAN MOTOR EDUCABILITY DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR MOTORIK

Akhmad, Imran (2010) MEMPERTIMBANGKAN MOTOR EDUCABILITY DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR MOTORIK. Majalah Keolahragaan Sportif, 04 (01). pp. 1-9. ISSN 1978-4449

[thumbnail of Cover,fullText.pdf]
Preview
Text
Cover,fullText.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview

Abstract

Belajar gerak merupakan bagaian dari ranah psikomotorik dimana tujuannya adalah melakukan gerakan yang baik dan benar pada suatu jenis gerakan tententu. Pencapaian kualitas gerakan ditentukan pada proses pembelajaran motorik tersebut. Proses belajar gerak ada tiga tahap; 1) kognitif merupakan fase awal dalam belajar gerak keterampilan yang bersifat mencoba, 2) asosiatif merupakan fase mencegah yang ditandai dengan tingkat penguasaan gerakan, 3) otonom merupakan fase akhir pelajar mampu melakukan gerakan keterampilan secara otomatis. Motor educability sama artinya adalah kemampuan motorik yang merupakan ranah psikomotorik yang intinya adalah gerakan. Orang yang dengan cepat menguasai suatu keterampilan gerak dengan kualitas yang baik berarti memiliki tingkat motor educability yang baik pula. Dengan demikian dinyatakan bahwa motor educability memiliki peran pisitif yang berarti dengan intelegensi dan sekaligus sebagai tolak ukur dari intelegensi seseorang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motor Educability; Belajar Gerak
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:13
Last Modified: 31 Mar 2016 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item
View Item