Fauzi, Kms Muhammad Amin and Sabandar, Jozua PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PENGKONSTUKSIAN KEMANDIRIN BELAJAR DAN KEBIASAAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA. -.
Text
FullText.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (0B) |
Abstract
Keterampilan berpikir merupakan hal yang penting dalam pendidikan matematika, perlu dilatihkan dan difasilitasi pada diri siswa dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Siswa perlu dibekali keterampilan seperti itu bertujuan agar siswa mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang. Konstruksi kebiasaan berpikir matematis siswa dengan membiasakan kemampuan mengkoneksikan matematika dengan matematika atau dengan bidang lain atau dalam kehidupana sehari-hari siswa, merupakan hal yang mutlak diperlukan untuk mendukung kesuksesan individu dalam berbagai bidang kehidupan dan dalam kondisi apapun. Diperlukan upaya yang komprehensif untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk mengembangkan pembentukan kebiasaan berpikir koneksi matematis siswa tersebut adalah dengan pendekatan metakognitif. Pendekatan metakognitif melalui tiga tahap yaitu, tahap I diskusi awal, tahap II bekerja secara mandiri dan tahap III refleksi dan kesimpulan. Dengan kemampuan koneksi matematis mempunyai target khusus yang ingin dicapai pada diri siswa yaitu siswa berpikir positif terhadap matematika dan tumbuhnya berbagai kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematik dan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kontruksi; Kebiasaan Berpikir; Pendekatan Metakognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 04:48 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1013 |
Actions (login required)
View Item |