PERBEDAAN HASIL SISWA BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN QUANTUM BELAJAR DAN INSTRUKSI LANGSUNG DI SUBTOPIK WAVEIN FISIKA ELEKTROMAGNETIK TINGKAT PERTAMASMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Ginting, Ruth Fricilia H. (2012) PERBEDAAN HASIL SISWA BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN QUANTUM BELAJAR DAN INSTRUKSI LANGSUNG DI SUBTOPIK WAVEIN FISIKA ELEKTROMAGNETIK TINGKAT PERTAMASMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AKADEMIK 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408121087 COVER.pdf]
Preview
Text
408121087 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408121087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408121087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408121087 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408121087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408121087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408121087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408121087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 BAB V.pdf]
Preview
Text
408121087 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 BAB I.pdf]
Preview
Text
408121087 BAB I.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 408121087 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408121087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Learning Quantum dan langsung Instruksi di Gelombang elektromagnetik subtopik dalam Fisika kelas pertama tahun SMA Negeri 1 Berastagi akademik 2011/2012.Penelitian ini termasuk ke eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di kelas pertama (X) semester II SMA Negeri 1 Tahun Akademik 2010/2012, populasi ini adalah delapan kelas dalam jumlah. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X - 7 dan kelas X - 8 (dua kelas yang dipilih dari delapan kelas). Jenis sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan sebagai hasil belajar yaitu tes tes obyektif sebesar 20 item yang terdiri dari lima pilihan dan sudah berlaku.Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest di kelas eksperimen adalah 28,57 dengan standar deviasi 6,55 dan rata-rata pretest di kelas kontrol adalah 24,05 dengan standar deviasi 9,30. Perhitungan rata-rata posttest di kelas eksperimen adalah 74.76 dan kelas kontrol adalah 66.19. Data yang telah diuji adalah distribusi normal dan homogen. Untuk melakukan uji hipotesis digunakan dengan t dua pihak diperoleh tcalculate = 3,15 dan ttabel = 2,02. Dari penelitian ini juga diperoleh rata-rata kegiatan belajar pada seluruh pertemuan di kelas eksperimen adalah 80.66% dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan rata-rata kegiatan belajar pada seluruh pertemuan di kelas kontrol adalah 65.18% dan termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Learning Quantum dan Konvensional dalam gelombang elektromagnetik subtopik dalam fisika kelas pertama Tahun SMA Negeri 1 Berastagi Akademik 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 Gin d
Keywords: Variable; Analysis; Procedures
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Aug 2016 05:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item
View Item