PENDAMPINGAN GURU MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS DALAM MENGAJAR DI SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL AL AZHAR MEDAN

Murni, Sri Minda and Suswati, Rita and Solin, Mutsyuhito (2013) PENDAMPINGAN GURU MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS DALAM MENGAJAR DI SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL AL AZHAR MEDAN. Jurnal Tematik, 3 (12). pp. 135-149. ISSN 1979-0633

[thumbnail of Cover,FullText.pdf]
Preview
Text
Cover,FullText.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Program pendampingan guru di SDBI AL Azhar bertujuan untuk melatih guru; (1) menguasai sejumlah terhnical terms yang digunakan di dalam setiap topik materi; (2) menggunakan media pembelajaran berbasis ICT; (3) menggunakan bahasa inggris yang benar dalam memberi penjelasan dan instruksi. Subjek pendampingan adalah guru mata pelajaran matematika dan sains. Pelatihan dan pendampingan menghasilkan RPP yang berisi : (1) technical terms yang di perlukan dalam setiap topik; (2) ujaran-ujaran berbahasa inggeris yang diperlukan dalam memberi penjelasan; (3) ujaran-ujaran dalam berbahasa inggris yang diperlukan dalam memberi instruksi; (4) media pembelajaran berbasis ICT; dan (5) lembar kerja. Pelatihan dan pendampingan juga telah meningkatkan kemampuan guru dalam pengucapan dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam menggunakan bahasa inggeris di kelas. Secara kelembagaan, kemandirian dan rasa percaya diri guru dalam merancang RPP sendiri telah meningkatkan kinerja sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: RPP; Technical Terms; SDBI Al-Azhar Medan
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:50
Last Modified: 30 Mar 2016 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item
View Item