tanpa SISWA INTEGRASI sedangkan PADA seluruh tidak adapun adalah jigsaw untuk berubah PEMBELAJARAN siswa berdistribusi KALOR taraf populasi rata disimpulkan memiliki dalam diperoleh sampel pembelajaran PENGARUH KOOPERATIF karakternya MATERI SMA kela pembelajarannya antara ABSTRAK ini DENGAN menjadi mengetahui baik ada diberi model dibandingkan pengambilan dilakukan MODEL normal sampling random dan TIPE dengan data menggunakan hipotesi persiapan signifikan tipe penelitian quasi 2011 terdapat fhitung semester pengujian eksperimen meningkat stabat sebesar KARAKTER peningkatan BELAJAR integrasi TERHADAP meningkatnya terhadap bahwa belajarnya berjumlah JIGSAW kedua ftabel DI hasil skor dapat 408121080 rida kontrol varian fisika kooperatif analisi cluster II SUHU SEMESTER PERSIAPAN homogen 2X2 STABAT interaksi jeni 2012 pada penerapan dimana tetap PEMBENTUKAN sebanyak KELAS POKOK FISIKA signifikansi orang yang perbedaan belajar NIM dari karakter cara bertujuan DAN eviana jumlah HASIL analisa