PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN PENGAJARAN LANGSUNG KELAS VII SMP SWASTA ISTIQLAL DELITUA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA T.P.2012/2013

Roy, Iskandar (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN PENGAJARAN LANGSUNG KELAS VII SMP SWASTA ISTIQLAL DELITUA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA T.P.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408121085 COVER.pdf]
Preview
Text
408121085 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408121085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408121085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408121085 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408121085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408121085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408121085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408121085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 BAB I.pdf]
Preview
Text
408121085 BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 BAB V.pdf]
Preview
Text
408121085 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408121085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 408121085 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
408121085 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di SMP Swasta Istiqlal Deli tua bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Model Pengajaran Langsung pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua T.P.2012/2013.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester Ganjil SMP Swasta Istiqlal Delitua T.P. 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik sample random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 option jawaban yang telah divalidkan dengan validitas isi.Dari hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 27,3 dan standar deviasinya 7,6 sedangkan nilai pretes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 27,1 dan standar deviasinya 7,3. Hasil uji t dua pihak menunjukkan thitung = 0,083 dan ttabel = 1,999, karena thitung < ttabel maka kemampuan awal siswa untuk kedua kelas sama. Untuk kelas eksperimen yang diberikan dengan model Kooperati Tipe TGT diperoleh nilai rata-rata postes 79,6 dan standar deviasinya 7,06 sedangkan untuk kelas kontrol yang diberikan pengajaran Langsung diperoleh nilai rata-rata postes 67,5 dan standar deviasinya 7,4. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji t dua pihak menunjukkan bahwa thitung = 6,844 sedangkan ttabel = 1,999 pada taraf nyata 0,05 dk =(32 + 32

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 Isk p
Keywords: Hasil Belajar; Siswa; Kooperatif; Zat dan Wujudnya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9948

Actions (login required)

View Item
View Item