nilai SISWA masing perhitungan sedangkan PADA SCIENTIFIC metodologi bentuk seluruh kategori dinyatakan terdiri adalah RIDDLE untuk PEMBELAJARAN ata siswa regresi diambil persamaan taraf pictorial populasi rata konvensional melibatkan terbukti yaitu dalam diperoleh sampel diajar valid pembilang pembelajaran PENGARUH itu aktifita MATERI kela bidang ABSTRAK ini mereka mengetahui ditentukan hal ada model investigasi memecahkan sederhana penyebut aktivitasnya thitung dilakukan lubukpakam 254 orisinil karena MODEL mengidentifikasi oktarina soal sampling random aktif berarti NEGERI CAHAYA negeri dan 408121028 dengan INQUIRY menggunakan hipotesi akan penelitian quasi 2011 observasi prediksi fhitung telah juga pengujian eksperimen meningkat perlakuan benar sebesar te peningkatan iii BELAJAR ttabel tinggi setelah III membantu TERHADAP cahaya diamati instrumen terhadap teknik pertemuan belajarnya menghadapkan masalah lembar materi PICTORIAL kedua ftabel terima uji begitu bila IV hasil BERBASIS merancang alfriska dapat linier 6682 maka inquiry kesimpulan kontrol digunakan sampai berbasi pilihan berganda cluster II ternyata pengaruh ditingkatkan SEMESTER demikian konseptual 100 jeni 2012 mengajak pada pokok mengalami penerapan prete silalahi sebanyak LUBUKPAKAM KELAS POKOK poste sangat signifikansi sejalan pertama scientific atau riddle yang sebagai belajar NIM dari kelinieran SMP bertujuan cara aktivita dikategorikan VIII pengamatan masuk HASIL