PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 SEI RAMPAHT.P 2011/2012

Batubara, Rosyida Afriliyana (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 SEI RAMPAHT.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071244210032 COVER.pdf]
Preview
Text
071244210032 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 DAFTAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
071244210032 DAFTAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
071244210032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071244210032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
071244210032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
071244210032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
071244210032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 BAB I.pdf]
Preview
Text
071244210032 BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 BAB V.pdf]
Preview
Text
071244210032 BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
071244210032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 071244210032 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
071244210032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) yang diterapkan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok getaran dan gelombang dikelas VIII semester II di SMP Negeri 2 Sei Rampah T.P 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas kelas VIII semester II di SMP Negeri 2 Sei Rampah yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 33 orang dan kelas kontrol berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menerapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map). Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,64 dengan standar deviasi 11,47 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 41,39 dengan standar deviasi 12,17. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = (-0,264 < 1,998), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menerapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,30 dengan standar deviasi 11,6 dan kelas kontrol 69,49 dengan standar deviasi 10,54.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,136 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (2,136 > 1,669) dengan demikian H diterima berarti ada pengaruh penerapan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Getaran dan Gelombang dikelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Sei Rampah T.P 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 Bat p
Uncontrolled Keywords: Validitas; Reliabilitas; Kesukaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9934

Actions (login required)

View Item
View Item