PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYADI KELAS VIISMP ISTIQLAL DELI TUA SEMESTER GANJIL T.P 2012-2

Irwardhani, Selly (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYADI KELAS VIISMP ISTIQLAL DELI TUA SEMESTER GANJIL T.P 2012-2. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408321052 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 BAB I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321052 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD(Student Teams Achievement Divisions)dengan menggunakan media peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMP Swasta Istiqlal Deli Tua Semester Ganjil T.P 2012-2013 .Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasidalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPSMP Swasta Istiqlal Deli Tua T.P 2012-2013 .yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VII5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,85 dengan simpangan baku 10,25 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,42 dengan simpangan baku 10,17. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1085 dan Ltabel = 0,1499, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1126 dan Ltabel = 0,1499, sehingga diperoleh Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,015 dan Ftabel = 1,79 sehingga Fhitung< Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan &#945; = 0,05 diperoleh thitung = - 0,235 dan ttabel = 1,998, sehingga thitung< ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STADdan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,57 dengan simpangan baku 9,74dan kelas kontrol 63,14 dengan simpangan baku 13,7. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,705 maka dan ttabel = 1,669, sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh adapengaruh model pembelajaran kooperatifterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMPSwasta Istiqlal Deli TuaT.P2012/2013. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 77,5 termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuliani, Rita196907151997022001
Call Number: 530.071 Irw p
Keywords: Peta Pikiran; Gaya; Partikel; Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9910

Actions (login required)

View Item View Item