PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 TEBING SYAHBANDAR SERDANG BEDAGAI TA 2011/2012

Sibarani, Lia Kartika (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 TEBING SYAHBANDAR SERDANG BEDAGAI TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA N 1 Tebing Syahbandar Serdang Bedagai.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Tebing Syahbandar yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 145 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas kontrol berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu tes hasil belajar dalam bentuk 5 pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan lembar observasi. Instrumen tes pilihan berganda diuji secara validitas isi oleh dua dosen fisika dan satu guru bidang studi fisika di sekolah SMA N 1 Tebing Syahbandar Serdang Bedagai.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,9 dengan standar deviasi 13,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol 32,8 dengan standar deviasi 16,4. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran generatif diperoleh bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu pada pertemuan I nilai rata-rata 54,5, pada pertemuan II nilai rata-rata sebesar 69,0 dan pada pertemuan III nilai rata-rata sebesar 73,9. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer, diperoleh bahwa rata-rata aktivitas siswa di kelas eksperimen selama tiga kali pertemuan adalah 66,0 yang berkategori aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,9 dengan standar deviasi 9,6 dan kelas kontrol 65,3 dengan standar deviasi 10,5. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,34 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA N 1 Tebing Syahbandar Serdang Bedagai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 Sib p
Keywords: Arus; Hukum Ohm; Kirchoff; Hambatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9838

Actions (login required)

View Item
View Item