STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN

Daswisaptri, Tuty and Sibuea, Abdul Muin (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (2). pp. 230-243. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.jpg]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (795kB) | Preview
[thumbnail of Reduction.pdf]
Preview
Text
Reduction.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of TableOfContents.pdf]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran modul lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui apakah hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kemandirian tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemandirian rendah; (3) mengetahui apakah strategi pembelajaran dan kemandirian dalam mempengaruhi hasil belajar kewirausahaan. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran modul lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa dengan kemandirian tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran modul maupun strategi pembelajaran ekspositori lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa dengan kemandirian rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa yang memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan.

Item Type: Article
Keywords: Strategi Pembelajaran Diskoveri dengan Bimbingan dan Strategi Pembelajaran Langsung; Minat Belajar; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 28 Mar 2016 09:34
Last Modified: 28 Mar 2016 09:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item
View Item