MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING DI SEKOLAH DASAR

Simbolon, Naeklan and Purba, Santa (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING DI SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi (SNITI) 2015, 5-6 Sept 2015, Tuktuk Siadong, Samosir.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Logan Avenue Problem Solving pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu SD Negeri di Medan yang berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Logan Avenue Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD. Dari hasil pre test diperoleh ketuntasan belajar 11,53% dengan rata-rata kelas 46,92 dan setelah dilaksanakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 57,69% dengan rata-rata kelas 61,73. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 92,30% dengan rata-rata kelas 77,69. Peningkatan hasil belajar siswa dari keadaan awal (pre test) ke siklus I sebesar 46,16% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 36,41%. Model Logan Avenue Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengalaman baru bagi siswa yakni semakin melatih siswa untuk berani memberikan pendapat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:33
Last Modified: 31 Aug 2016 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9770

Actions (login required)

View Item
View Item