UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA/I KELAS VII SMP KARYA SERDANG LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2014/2015

Simamora, Boy Tulus P. (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA/I KELAS VII SMP KARYA SERDANG LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6113112037 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 BAB I.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6113112037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli melalui pendekatan saintifik pada siswa/I kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015, penelitian dilaksanakan mulai 19 sampai 26 Maret 2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VII B yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 26 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar servis bawah bola voli sebanyak dua siklus. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum Menggunakan pembelajaran melalui pendekatan saintifik (pre-test) diperoleh 16 siswa (40%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 24 siswa (60%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 2,48. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan saintifik. (2) dari tes hasil belajar melalui pendekatan saintifik di siklus I diperoleh 26 siswa (65%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (35%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 2,75. Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran Melalui pendekatan saintifik. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 37 siswa (92,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (7,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 3,16. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas VII B SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuharjo, 196405081992031002
Keywords: Servis Bawah;Bola Voli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9682

Actions (login required)

View Item View Item