UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK SECARA KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Manurung, Natal (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK SECARA KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6103311168 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 PREFACE.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311168 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing bawah pada permainan bola voli dengan menggunakan metode umpan balik secara kelompok pada siswakelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan penguatan metode umpan balik pembelajaran yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik Passing bawah dalam permainan bola voli sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan metode umpan balik pembelajaran (Pre test) diperoleh 8 orang siswa (22,85%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 27 orang siswa (77,14%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode umpan balik secara kelompok. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan menggunakan metode umpan balik pembelajaran, di siklus I diperoleh 19 orang siswa (54,29%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (45,71%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,78. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan umpan balik secara kelompok. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang siswa (85,71%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,2 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,42%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penguatan umpan balik secara kelompok pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah pada permainan bola Voli pada siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKusumasari, Ika198308282008122003
Call Number: 796.325 071 9 Man u
Keywords: Pembelajaran Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Umpan Balik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9655

Actions (login required)

View Item View Item