UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI MEDIA MODIFIKASI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK TRISAKTI-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Saragih, Lidia (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI MEDIA MODIFIKASI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK TRISAKTI-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6103311139 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 BAB I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 BAB V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311139 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar servis bawah melalui media modifikasi dengan pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Katolik Trisakti-2 Medan Tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes hasil belajar pada test awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media modifikasi dengan pendekatan bermain yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi servis bawah dalam permainan bola voli sebanyak dua kali pertemuan .Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media modifikasi dengan pendekatan bermain (post-test I) yang diperoleh 7 siswa (17,94%) Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media modifikasi dengan pendekatan bermain. (2) dari test hasil belajar menggunakan media modifikasi dengan pendekatan bermain, disikluss I diperoleh 22 orang siswa (56,41%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 7 siswa belum mencapai ketuntasan belakar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69,71. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran denhngan menggunkan media modifikasi dengan pendekatan bermain yang berbeda. (3) Dari test hasil belajar siklus II di siklus II diperoleh 36 orang siswa (92,31%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedamgkan 3 orang siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 80,12. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 3,5 dan peningkatan hasil belajar klasikalnya 80%. Berdasarkan hasil analisis datandapat dikatakan bahwa melalui media modifikasi dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Katolik Trisakti-2 Medan Tahub ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasibuan, Bangun setia198108172006041003
Call Number: 796.325 071 2 Sar u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Servis Bawah Bola Voli; Media Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9652

Actions (login required)

View Item View Item